Kamis, 17 Januari 2013

Jempolmu Adalah Harimaumu


Kalau anda pengguna Blackberry (BB), dan tiba-tiba BB berbunyi, munculah pesan dari BBM diawali dengan kalimat sakti “Sorry BC” atau “sorry BM”, maka terangkailah kata-kata yang indah dengan penutup yang terkesan menakutkan “sebarkan kalau anda peduli”. Pada akhirnya banyak orang yang lalu ikut-ikutkan memanfaatkan fasilitas sakti “broadcast message” di blackberry itu untuk mengirimkan pesan ke seluruh contact atau kelompok contact tertentu, hanya dengan beberapa step sederhana dengan menggunakan jempol anda.
Broadcast message merupakan salah satu terobosan teknologi di blackberry messenger yang pasti sangat bermanfaat, apalagi kalau dikaitkan positioning blackberry sebagai gadget yang mumpuni sebagai “mobile office”, melengkapi fasilitas lainnya yang tidak kalah menarik, yaitu push email. Dengan broadcast message katakanlah seorang sales manager dapat dengan mudah menyampaikan satu instruksi kepada semua sales force nya dalam waktu singkat tanpa harus memilih kontak dan copy paste message satu demi satu. Namun demikian, dalam prakteknya tidak semua BM (broadcast message) yang kita terima itu bermanfaat, atau memang diharapkan.
Ada bermacam-macam BC yang mungkin bisa kita terima :
  • BC Kekanak-kanakan (atau memang dikirim anak-anak) : biasanya berisi semacam “add PIN temanku ini XXXXXX, maka kamu akan mendapatkan PIN artis-artis terkenal” atau bisa juga “nanti pukul 12.00 malam akan datang seorang anak kecil ke dalam mimpimu dan dia akan mengajakmu bermain”.  Kalau sering BC seperti ini, lebih baik cek jangan-jangan anak anda sudah membagi PIN anda ke teman-temannya.

  • BC  jualan : “ada yang mau tas LV KW 2, murah, please PING me.” Bisa bermanfaat buat yang suka shopping, tapi bisa juga nyebelin kalau dapet iklan terus-terusan.

  • BC kalimat bijak/religius : biasanya berisi kalimat-kalimat motivasi atau ayat-ayat kitab suci dan renungan hidup, buat saya merupakan bacaan yang sangat bermanfaat untuk memulai hari. Mungkin ada baiknya menyimpan  BC yang seperti ini.

  • BC hoax : mungkin maksudnya baik, tapi tidak cek dan re-cek informasi, sehingga secara tidak sadar menyebarkan berita yang tidak benar. Misalnya saja, terkait banjir Jakarta 16 Januari 2013, muncul BC yang maksudnya baik meminta orang waspada, tapi ditambahi kalimat serem “Jakarta akan terendam banjir terbesar di Indonesia yang akan dimulai sore ini pukul 18:00 wib pintu air katulampa akan dibuka sebab sudah tidak dapat menampung ketinggian air” …  Maksudnya baik, tapi datanya patut diragukan. Atau mungkin pernah dapat BC yang mendaur ulang email atau SMS hoax ini : “berikut ini daftar obat yang tidak boleh dikonsumsi karena mengandung PPA … “  Bukankah obat-obat tersebut masih beredar dan ada no reg BPOM ?

  • BC humor : misalnya yang baru saja beredar hari ini : “ sekilas info : karna banyaknya berita akan terjadinya banjir besar2an di Jakarta, maka tahun baru Imlek khusus di Jakarta, kata gong xi fat choi, diubah menjadi ngung si yuk choi … !! Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan”.  BC humor yang konteksual, walaupun kalau dibaca orang yang kebanjiran pastilah diiringi senyum kecut “kok ni orang ga punya empati sama sekali ya sama orang yang lagi kena musibah”. Atau mungkin juga BC kutipan humor yang beredar di internet dan disebarkan via BBM. Tinggal copy – paste, jadi deh.

  • BC politik : biasanya berisi sikap politik atau cacian terhadap pernyataan kontroversial seorang tokoh. Misalnya saja reaksi masyarakat atas pernyataan rasis seorang pengacara baru-baru ini, muncul BC kecaman dengan embel-embel “sebarkan terus sampai si X itu membacanya”. Atau juga BC dimanfaatkan untuk kampanye politik tim sukses calon pemimpin, entah itu walikota, gubernur, atau kades, biasanya berisi link artikel rekam jejak calon, diakhiri dengan slogan : “jangan salah pilih, coblos pasangan X dan Y demi kota Z yang lebih baik”

  • BC link artikel : biasanya salah satu cara penulis  mempromosikan tulisannya deh ini. Hehehe.

  • BC info bermanfaat : nah, kadang ada juga BC yang bermanfaat semacam yang beredar hari ini (17/1/13): “Buat teman-teman yang membutuhkan evakuasi, bisa menghubungi 6344215 (Jak Pus), 43931063 (Jak Ut), 5682284(Jak Bar), 7515054(Jak Sel), 85904904(Jak Tim)”. Mungkin juga anda pernah dapat informasi tentang modus kejahatan baru di ATM atau juga barangkali copy paste berita kompas.com untuk update lokasi-lokasi genangan banjir.  Berita atau catatan begini barangkali bisa bermanfaat, namun sebelum ikut forward ke contact kita, ada baiknya cek ke sumber lain di internet, benar atau tidaknya informasi tersebut, supaya kita tidak berpotensi meneruskan kesalahan.
Bagaimanapun teknologi BBM diciptakan untuk kemudahan, kepraktisan dan kenyamanan, namun manfaatnya  kita sendirilah yang menentukannya. Apa yang kita sebarkan, menggambarkan kepribadian kita. Jadi berpikirlah dulu sebelum jempol bertindak.
Jempolmu adalah harimaumu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar